Alasan Wanita Hamil Sering Uring-uringan

By Unknown on Friday, May 2, 2014 with 6 comments

Alasan Wanita Hamil Sering Uring-uringan
Intermezoe.com - Ketika hamil, terkadang wanita merasa moodnya berantakan dan tiba-tiba ingin menangis tanpa alasan, atau sekedar membentak seseorang. Tak jarang wanita hamil merasa kesal dan emosi meski tak ada alasan yang jelas. Hal ini bisa jadi membuat wanita hamil sulit dimengerti dan seringkali terlihat uring-uringan.

Namun ini sebenarnya bukan hal yang aneh. Banyak wanita hamil mengalami hal ini. Emosi labil yang dialami oleh wanita hamil sebenarnya juga bukan tanpa alasan. Berikut adalah beberapa hal yang membuat emosi wanita hamil menjadi labil dan menyebabkan mereka sering menangis atau uring-uringan, seperti dilansir oleh Boldsky (28/04).

1. Lelah
Ketika hamil, wanita harus menyesuaikan jam tubuh mereka dengan kebiasaan baru mereka. Pada trimester pertama, wanita hamil seringkali kurang tidur, sehingga mereka mudah merasa lelah. Kelelahan secara fisik ini membuat mental mereka terpengaruh dan seringkali berimbas pada emosi yang labil.

2. Tak Nyaman
Hamil memang saat membahagiakan bagi wanita, namun sering mual atau mengalami morning sickness di pagi hari tak termasuk dalam 'kebahagiaan' yang mereka rasakan. Tak hanya itu, wanita hamil juga seringkali mengalami konstipasi, sakit punggung, dan sakit kepala. Hal ini membuat mereka tak nyaman dengan tubuh mereka sendiri dan seringkali membuat mereka emosi hingga menangis.

3. Hormon
Hormon memiliki peran yang besar dalam membuat wanita uring-uringan saat hamil. Ketika wanita sedang tak hami, mereka bisa mengontrol kelenjar air mata dengan sepenuhnya. Namun hormon kehamilan akan membuat wanita kehilangan kontrol terhadap setiap otot dalam tubuhnya. Tak jarang mereka juga kehilangan kontrol saat menangis atau buang angin.

4. Merasa Tak Aman
Kehamilan akan membuat wanita merasakan fase tak aman dalam hidupnya. Tak hanya karena mereka tengah memikirkan janin yang mereka kandung dan proses melahirkan yang terlihat menakutkan, wanita hamil juga memikirkan tentang tubuh dan penampilan mereka. Tak jarang wanita hamil juga mengkhawatirkan pekerjaan mereka. Inilah salah satu alasan mereka sering menjadi uring-uringan dan emosi berlebihan.

5. Takut
Hormon membuat wanita mengalami rasa takut yang terkadang tak wajar. Mereka bisa takut akan keguguran atau ketika ada hal yang salah dengan kehamilan atau janin mereka. Selain itu, mereka juga bisa takut pada proses melahirkan normal. Hal ini lah yang membuat mereka seringkali merasa sedih dan menangis.

Itulah beberapa alasan mengapa wanita memiliki emosi yang kadang tak stabil saat hamil. Jangan salah sangka ketika wanita hamil mengalami hal ini. Wanita hamil membutuhkan dukungan secara mental ketika mereka mengalami emosi yang buruk saat hamil. Jadi, para suami sebaiknya memahami dan membuat istri mereka yang sedang hamil merasa nyaman dan tenang.

G+

6 komentar

Ficri Pebriyana delete May 2, 2014 at 7:12 PM

mungkin butuh istirahat yang cukup :)

seopanda delete May 3, 2014 at 9:44 AM

Baru tahu saya,,,
thanks infonya

Milah delete May 3, 2014 at 10:23 AM

:D
infonya bermanffat gan makasih

Yahya delete May 3, 2014 at 10:24 AM

hah emang gitu ya gan, thanks info gan

Donny delete May 3, 2014 at 10:58 AM

harus istirahat yg banyak gan

Unknown delete May 4, 2014 at 12:19 AM

izin baca ya admin... tuk pelajaran buat ane ne.. mana tau nnti ane punya istri yang sedang hamil jadi gak kaget lau istrinya agak aneh2 nantinya... :D

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini...!!!

1. Berkomentarlah yang relevan dan menggunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang komentar yang mengandung unsur SARA
3. No Spam No Live Link