Feature Phone Masih Dilirik?

By Unknown on Thursday, August 14, 2014 with 0 comments

Feature Phone Masih Dilirik?Feature phone mengusai penjualan secara dominan lumayan lama. Sejak booming smartphone terjadi, feature phone dikalahkan dari sisi penjualannya oleh ponsel pintar. Meski demikian, feature phone masih  diminati dan dilirik sebagai sebuah pilihan.

Lantas, apa saja alasan para pengguna ponsel masih lebih memilih feature phone ketimbang smartphone yang sudah sangat kaya fitur dengan beragam kecanggihan teknologinya? Berikut rangkumannnya.


1. Harga Murah


Tak bisa dipungkiri, faktor harga masih menjadi pertimbangan utama saat pengguna memilih untuk membeli feature phone. Dengan modal Rp 200 ribuan saja, kita sudah bisa beli ponsel ini.


Bandingkan dengan smartphone yang harga paling murahnya berkisar Rp 600 ribuan. Itu artinya, masih ada gap atau selisih Rp 400 ribuan yang buat masyarakat ekonomi kelas bawah sangat besar artinya.


Murahnya harga feature phone juga sangat membantu penetrasi ke masyarakat Indonesia yang belum punya ponsel untuk bisa memilikinya tanpa harus mengeluarkan uang banyak.


Itu sebabnya, penjualan ponsel fitur ini lebih banyak dibidik untuk pengguna pinggir kota seperti kaum sub-urban, para orang tua, anak-anak sekolah dasar, karyawan level menengah bawah, sampai buruh pabrik.

2. Baterai Tahan lama

Dibandingkan smartphone, feature phone memang lebih unggul dalam urusan baterai. Tentu sangat jarang kita lihat pengguna feature phone yang menenteng powerbank.

Meskipun tenaga di baterai feature phone hanya sekitar 800 mAh, namun untuk urusan daya tahan tak usah diragukan lagi. Baterai masih bisa awet berhari-hari.


Bandingkan dengan smartphone yang tak sampai sehari penuh sudah harus dicharge berkali-kali meskipun rata-rata sudah 2.000 mAh ke atas power baterainya.

3. Beragam Varian

Dari sisi fitur, aplikasi, dan kecanggihan teknologi, feature phone jelas kalah jauh dibanding smartphone. Namun mengingat harganya murah dan baterainya awet, feature phone tak serta-merta ditinggalkan.

4. Masih Diminati Raksasa

Tak hanya digarap oleh vendor Tiongkok yang kerap memberi label merek lokal, vendor lain seperti Nokia dan Samsung juga punya masih mengandalkan feature phone yang tentunya tak kalah gengsi.


Mulai dari candy bar, qwerty, sampai full touchscreen juga ada. Harganya juga tak mahal. Belum lama ini Nokia merilis seri Asha terbarunya yang dibanderol cuma 230 euro untuk menggempur pasar di bawah Rp 500 ribu.


Bermain di segmen pasar murah jelas menjadi opsi yang tak mau ditinggalkan begitu saja bagi para vendor yang ingin membesarkan pangsa pasar.

5. Pelengkap Smartphone

Dengan fitur yang tak jelek-jelek amat, apalagi harganya murah dan baterainya lumayan awet, maka belakangan banyak pengguna yang kembali mengandalkan feature phone sebagai pelengkap.

Dengan banderol hanya seharga dua kali isi pulsa prabayar Rp 100 ribu, feature phone juga kerap dijadikan senjata andalan untuk melengkapi pengguna smartphone yang butuh talktime lebih lama.

6. Sekali Pakai Buang

Murahnya harga feature phone membuat timbul stigma sekali pakai buang kalau sudah rusak. Pasalnya, dengan harga cuma Rp 200 ribuan, berapa biaya yang pantas untuk reparasinya?

Untuk dijual lagi pun rasanya juga terlalu murah. Mungkin paling mahal hanya sekitar Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu. Atau biasanya hanya ditawarkan untuk dibarter dengan pulsa seluler senilai Rp 20-50 ribuan.


Saking murahnya harga feature phone ini juga membuat Advan tak mau bela-belain memasukkannya sebagai daftar produk yang akan dirakit sendiri di pabriknya di Semarang.


7. Lebih Simple dan Tidak Ribet

Tak semua orang membutuhkan perangkat berlabel ponsel pintar. Untuk para orang tua misalnya, mereka sepertinya lebih mempertimbangkan fungsionalitas ketimbang fitur dan gaya.

Nah, ini pula yang menjadi alasan kenapa masih ada yang lebih memilihfeature phone ketimbang smartphone yang jauh lebih canggih. 


Memang, masih banyak para orang tua yang mengikuti zaman dengan menenteng smartphone. Namun tak sedikit pula kalangan mereka yang lebih nyaman dengan feature phone.


Toh, kebutuhan mereka sederhana. Cuma untuk SMS dan halo-halo alias untuk panggilan telepon. Tak butuh dipusingkan dengan setting email, download aplikasi terbaru, dan eksis di berbagai sosial media.


Kalangan inilah yang membuat feature phone masih hidup sampai saat ini, meskipun kejayaan mereka telah berlalu dan telah berganti menjadi booming smartphone.

G+

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini...!!!

1. Berkomentarlah yang relevan dan menggunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang komentar yang mengandung unsur SARA
3. No Spam No Live Link