Hansip: Riwayatmu Dulu

By Unknown on Monday, September 22, 2014 with 6 comments

Berseragam hijau, bertopi hijau, bersepatu bot, dan tak jarang bunyi kentongan selalu mengiringi keberadaan mereka. Hansip atau kependekan dari Pertahanan Sipil memiliki tugas menjaga keamanan lingkup kecil seperti lingkungan RT, RW, hingga desa. Keberadaannya sangat familiar di tengah masyarakat. 

Secara historis Hansip mempunyai sejarah yang sangat panjang baik dalam tataran universal maupun dalam tataran nasional. Usia Hansip juga hampir sama dengan usia kemerdekaan Republik Indonesia, yang secara formal diperingati setiap tanggal 19 April dan bila dilihat dari sejarah kelahirannya Hansip jauh lebih tua. Hal ini dapat dilihat dari fase-fase perkembangan Hansip yang dimulai dari fase sebelum kemerdekaan sampai kepada fase kemerdekaan sebagai berikut :


Periode sebelum Kemerdekaan (1935 – 1945).

Tahun 1939, di zaman Hindia Belanda terbentuk Lught Buscherming Dients (LBD) sebagai wadah partisipasi rakyat Indonesia, dalam upaya perlindungan dan penyelamatan dari bencana akibat perang. 

Pada Tahun 1942 Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang. Kemudian Jepang memanfaatkan LBD ini untuk melawan sekutu. LBD disempurnakan oleh pihak Jepang menjadi GUMI atau Rukun Tetangga yang merupakan embrio Pertahanan Sipil.


Periode Kemerdekaan (1945 – sekarang).

Untuk menghadapi berbagai pemberontakan dalam negeri, pemerintah saat itu membentuk Organisasi Keamanan Desa (OKD) dan Pasukan Keamanan Desa (PKD) yang kemudian diintegrasikan menjadi Organisasi Perlawanan Rakyat (WANRA) sebagai cikal bakal Pertahanan Sipil. 

Pada tanggal 20 Mei 1960, Indonesia secara resmi terdaftar sebagai anggota Internasional Civil Defence Organisation (ICDO), yang kemudian mengilhami pembentukan organisasi Pertahanan Sipil secara formal pada tangal 19 April 1962 yang selanjutnya menjadi Hari Ulang Tahun Pertahanan Sipil (HUT HANSIP).

Memasuki zaman Orde Baru, pada tahun 1972, berdasarkan keppres No. 55 Tahun 1972, organisasi Pertahanan Sipil disempurnakan menjadi organisasi Pertahanan Sipil (HANSIP) dan organisasi Perlawanan Rakyat dan Keamanan Rakyat (WANKAMRA) dalam rangka penertiban pelaksanaan sistem Hankamrata. 

Dan kini, di era Orde Reformasi, melalui Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2014, yang ditandatangani pada 1 September 2014, Presiden SBY mencabut Keputusan Presiden Nomor 55 Tahun 1972 tentang Penyempurnan Organisasi Pertahanan Sipil (Hansip) dan Organisasi Perlawanan dan Keamanan Rakjat (Wankamra) Dalam Rangka Penertiban Pelaksanaan Sistim Hankamrata.

Mengenai Keppres  tersebut, Direkur Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Agung Mulyana mengatakan: "Kami mengajukan kepada Presiden agar Kepres No 55 tahun 1972 mengenai Hansip dicabut. Jadi Hansip tidak dibubarkan, tetapi dikembalikan menjadi Linmas (Perlindungan Masyarakat)."

Demikianlah catatan pendek tentang Hansip, yang keberadaannya sangat dekat sekali di tengah masyrakat kita dengan seragam hijau berserta atribut yang melekat di dalamnya. Hansip oh Hansip, riwayatmu dulu…   (bb)

G+

6 komentar

Difi Clothing Muslim delete September 22, 2014 at 6:12 PM

Nice Post bro
Kunjungan malem sukses trus buat blog nya :D

Farisal delete September 22, 2014 at 6:40 PM

Artikelnya Mantap Broo.........

Sela delete September 22, 2014 at 6:43 PM

Baru tahu kalau sejarahnya kaya gitu,...

Unknown delete September 22, 2014 at 6:55 PM

Hansip tak sekedar spam biasa, kalo gk ada hansip tak amanlah kampung kita :D

Unknown delete September 23, 2014 at 7:51 AM

hansip sekarang pun sudah memiliki pendidikan sendiri agar bisa jadi hansip yang tangguh... :)

Mantap sob....

helmi delete September 24, 2014 at 3:51 PM

Thanks infonya tentang hansip, jadi lebih tau sejarah hansip yang dulu

Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini...!!!

1. Berkomentarlah yang relevan dan menggunakan bahasa yang sopan
2. Dilarang komentar yang mengandung unsur SARA
3. No Spam No Live Link