Tabah Sampai Akhir

By Unknown on Wednesday, April 16, 2014 with 14 comments

Tabah Sampai Akhir
Intermezoe.com - Memupuk sifat tabah? Bukan perkara mudah, butuh sebuah proses yang kontinu untuk menempanya di dalam kehidupan,  menjadi sebuah pribadi yang tabah. Berbagai macam persoalan, terkadang membuat kita menyerah dan berakhir dengan rasa putus-asa. Bagaimana tetap tabah menghadapi segala kemungkinan, sementara orang lain mudah putus asa apabila mengalami masalah.

Berikut adalah beberapa tips yang sangat direkomendasikan untuk memupuk ketabahan:

1. Fokuslah Pada Hasil Akhir yang Sukses
Pernahkan anda jatuh tersungkur dan tak seorang pun dari kawan-kawan anda yang dapat dimintai tolong? Ketika situasi itu terjadi, siapa lagikah yang dapat membantu anda? 

Jawabannya adalah 
pikiran anda sendiri.

Ya, pikiranlah satu-satunya yang mampu membuat anda keluar dari lembah kekecewaan. Bukan sahabat, bukan orang tua, dan bukan juga pasangan anda. Mereka semua hanya memberi motivasi tetapi hanya pikiran anda saja yang dapat membantu anda ketika berada dalam situasi seperti itu. Jika pikiran tidak tertuju hasil akhir yang sukses , anda akan kehilangan semangat untuk terus berjuang-bayangan kesuksesan di masa depan akan memotivasi, jika tidak anda cenderung putus asa-menyerah kalah

Kebanyakan orang apabila gagal maka mereka akan putus asa, bukan saja semata dari segi materi tetapi juga dari segi kejiwaan. Di sinilah bahayanya. Setiap orang cenderung membiarkan hasil yang diperoleh sekarang menghantui pikiran mereka. Misalkan keadaan anda sekarang
 tidak bagus. Jika menggunakan keadaan tidak bagus sebagai landasan bagi pikiran, anda akan menghasilkan kesadaran tidak bagus dalam pikiran. Kesadaran tidak bagus senantiasa disalurkan ke dalam pikiran, ia akan berangsur-angsur meresap ke pikiran bawah sadar dan saat itulah anda terperangkap.

Itulah mengapa ada ungkapan, ”kendalikan pikiranmu, kamu dapat berbuat apa saja dengannya.”

2. Lingkari Diri Anda dengan Hal-hal yang Positif
Memiliki hal-hal positif di sekililing anda akan sangat membantu anda memupuk ketabahan. Lingkari hidup anda dengan hal-hal positif seperti: Berdoa, mendengarkan hal-hal yang memotivasi diri, entah dari teman atau dari media elektonik, memasang gambar/poster positif, membaca buku-buku positif, mendekorasi kamar tidur anda dengan suasana positif dan bergaul dengan orang-orang positif.
    3. Jauhkan dari Rasa Khawatir yang Sebetulnya Tidak Ada
    Misalkan usaha anda gagal dan anda telah kehilangan banyak uang serta berhutang sehingga tidak punya uang untuk membayarnya. Tentunya, ini masalah besar dalam hidup anda. Mungkin juga, di saat yang bersamaan anda dirundung masalah lain yang memusingkan, seperti pendapat orang lain tentang diri anda, apa penafsiran mereka, apa kata tetangga, apa kata orang tua, dan lain-lainnya. Semua ini menjadi masalah, atau sekurang-kurangnya itulah yang anda pikirkan.

    Jika kita telaah lebih dalam, umumnya masalah yang mengganggu sebenarnya tidak ada. Sebenarnya tidak ada yang memikirkan kita. Kebanyakan mereka hanya memikirkan diri sendiri. Kebanyakan orang tidak mempunyai waktu untuk memikirkan kita.

    Berdasarkan sebuah kajian terbaru, 93% dari masalah yang anda khawatirkan sebenarnya tidak ada. Hanya 7% saja yang terjadi. Dari masalah yang ada dalam hidup anda itu, sebagian besar tidak bisa kita kendalikan, seperti krisis ekonomi, kestabilan politik dan sebagainya. Jadi untuk apa kita khawatir terhadap hal-hal yang tidak bisa kita kendalikan?

    Mulailah memupuk sifat tabah-tak kenal putus asa- tabah sampai akhir hidup anda, dengan segala masalah yang menghampiri dan keluar dari setiap masalah sebagai seorang pemenang. (eN)

    G+

    14 komentar

    Wahyu Eka Prasetiyarini delete April 16, 2014 at 4:23 PM

    iya sebaiknya dalam menghadapi masalah kita perlu tabah dan sabar ya mas ;)

    Unknown delete April 16, 2014 at 5:23 PM

    heheheee... pastinya, selalu tabah sampai akhir :)

    Download Driver Printer delete April 17, 2014 at 2:48 PM

    semoga Allah, memberikan ketabahan bagi kita untuk menghadapi setiap masalah.. AMIN :)

    Unknown delete April 17, 2014 at 3:06 PM

    kita harus tabah dan sabar

    Unknown delete April 17, 2014 at 3:11 PM

    Amin... :)

    Unknown delete April 17, 2014 at 3:11 PM

    Yupz... semestinya :-)

    hoaxID delete April 19, 2014 at 11:29 AM

    patut direnungkan :)

    Unknown delete April 22, 2014 at 8:08 PM

    Motivasi yang bagus untuk diri saya Gan. Saya susah banget kayanya kalau tabah sampai akhir... Sudah di coba, rasanya ingin mengingkari terus :( Mungkin tips ini bisa merubah diri saya :)

    Unknown delete April 22, 2014 at 8:41 PM

    Semoga saya selalu di beri ketabahan dalam menjalani hidup ini :)

    Yahya delete April 22, 2014 at 9:02 PM

    betul tuh gan orang sabar disayang tuhan (y)

    Unknown delete April 22, 2014 at 9:02 PM

    Jangan lama-lama merenungnya, Gan hehehehee :D

    Unknown delete April 22, 2014 at 9:03 PM

    Semoga :)

    Unknown delete April 22, 2014 at 9:03 PM

    Amin :D

    Unknown delete April 22, 2014 at 9:07 PM

    Pastinya disayang pacar/istri juga, Gan heheheheee :)

    Silahkan tinggalkan komentar Anda di sini...!!!

    1. Berkomentarlah yang relevan dan menggunakan bahasa yang sopan
    2. Dilarang komentar yang mengandung unsur SARA
    3. No Spam No Live Link